Perusahaan Sony Siapkan Lensa "Ajaib" untuk Android dan iPhone?

 


Perusahaan Sony Siapkan Lensa "Ajaib" untuk Android dan iPhone? Pernah merasa kecewa dengan hasil jepretan smartphone? Perangkat mobile ini memang sangat praktis sebagai alat memotret, tapi masih memiliki sejumlah kekurangan dibanding kamera digital sungguhan.

Misalnya saja, dari segi kualitas tangkapan gambar yang relatif lebih rendah. Kebanyakan kamera smartphone juga tak memiliki kemampuan zoom optis.

Mungkin lantaran inilah, Sony dikabarkan bakal segera merilis dua buah lensa "ajaib" atau lebih tepatnya modul upgrade untuk smartphone, DSC-QX10 dan DSC QX-100

Modul-modul upgrade yang sekilas hanya terlihat sebagai lensa bisa dibilang ajaib ternyata merupakan unit kamera "hampir lengkap" yang dipasang di smartphone.

Seperti dilansir PetaPixel,  baik DSC-QX10 dan DSC QX-100 sama-sama dibekali dengan lensa, sensor, prosesor pengolah foto Bionz, chip wireless, dan slot micro-SD. Yang kurang hanyalah alat pembidik gambar.


Perusahaan Sony Siapkan Lensa "Ajaib" untuk Android dan iPhone?



Nah, sebagai pengganti viewfinder atau LCD, dipakailah layar smartphone. Kemungkinan dua modul upgrade kamera ini berkomunikasi dengan ponsel pintar Android atau iPhone melalui koneksi wireless. Adapun jenis perangkat yang didukung belum diketahui pasti.

Tentang perbedaan kedua jenis modul, DSC-QX10 yang berukuran lebih besar disinyalir bakal dibekali dengan sensor 20,2 megapixel yang sama dengan yang dipakai di kamera saku premium Sony RX100 Mark II. Lensanya pun mengusung label "(Carl) Zeiss".

Akan halnya DSC-QX100, modul kamera ini kabarnya akan dilengkapi sensor 18 megapixel yang berukuran lebih kecil, yaitu 1/2,3 inci, tapi memiliki lensa dengan retang zoom lebih panjang, yakni hingga 10x berbanding 3,6x pada DSC-QX10.

Sejauh ini belum ada informasi soal tanggal peluncuran dan harga kedua perangkat di atas, tapi ada kemungkinan Sony bakal memberi pengumuman pada pameran dagang IFA di Berlin bulan depan. (kompas)